Kamis, 26 November 2009

SEKAR KASIH

“SEKAR KASIH”


Landasan Pendirian

Dalam Tahun Rahmat Tuhan Jubileum 2000 Mgr. Julius Kardinal Darmaatmadja memberikan gagasan pastoralnya dalam membina visi dan misi kaum awam. Yang mulia Bapa Kardinal menghendaki adanya gerakan yang dijiwai semangat pembaharuan dalam persaudaraan sejati, yang merupakan gerakan lintas sektoral, lintas teritorial dan lintas kategorial.

Menanggapi gagasan pastoral tersebut, Romo Martinus Hadiwijaya Sukamartaya, Pr (Romo Hadi) berefleksi kembali tentang keinginan beberapa orang dari kelompok Lansia (seperti Bpk. F. X. Soeratno dan Bpk. Dasuki) ketika masih bertugas di paroki St. Servatius, Kampung sawah. Mereka menghendaki agar Romo Hadi memberikan pelatihan doa bagi kelompok Lansia (Lanjut Usia).

Dengan landasan gagasan pastoral Mgr. Julius Kardinal Darmaatmadja tersebut lahirlah Paguyuban Senam dan doa Katolik Sekar Kasih.



Apa Dan Siapa

Sekar Kasih merupakan singkatan dari : :Semnam Kesehatan dan Kesembuhan Jasmani Rohani, karena Cinta Kasih”.

Sekar Kasih adalah gerakan Kerasulan Doa dan Pelayanan Kaum Awam. Kegiatan ini pertama-tama didampingi oleh Romo Hadi sendiri, tetapi dalam perjalanan selanjutnya Romo Hadi mempersilakan para awam sendiri yang melakukannya, karena kegiatan ini tidak boleh bergantung atau menambah beban tugas Romo Paroki setempat. Kegiatan ini merupakan pelayanan yang dapat dilakukan oleh kaum awam sendiri di manapun juga berada.

Sekar Kasih didirikan pada tanggal 4 Juli 2000 di Gereja St. Thomas Rasul, Bojong Indah, Jakarta oleh Romo Martinus Hadiwijoyo Sukomartaya Pr, sebagai persembahan Ulang Tahun Imamatnya yang ke-16. (Pada tanggal 4 Juli 1984 Romo Hadi ditahbiskan bersama Romo A. Kunarwoko Pr, Romo F. X. Pranata Seputra Pr, Romo Jakobus Tarigan Pr, dan mantan Pastor P. Eko Susanto Pr, oleh Alm. Mgr. Leo Soekoto SJ)




Isi dan Tujuan

Sekar Kasih merupakan rangkaian kegiatan Rohani dengan panduan doa-doa yang diambil dari semangat Legio Maria serta semangat Doa Karismatik Katolik, dalam usaha mempertahankan Tradisi Gereja + Pengajaran Gereja + Pewartaan Kitab Suci, yang ditawarkan kepada para Lansia, Bapak-Ibu serta Muda-Mudi Katolik setempat. Kegiatan ini dilaksanakan dalam ketaatan serta kesetiaan pada Pastor Paroki (dan Dewan Paroki) setempat. Syukur bilamana Pastor setempat berkenan mendampinginya.

Kegiatan ini berlangsung selama 90menit (1½ jam) dengan melewati 5 tahap yaitu:

I. Doa dalam Devosi Bunda Maria

Kegiatan Sekar Kasih diawali dengan berdoa menghormati Bunda Maria lewat Novena Tiga Salam Maria.

II. Doa dalam Nyanyian

Tahap ini secara bersama-sama berdoa sambil bernyanyi untuk memuji dan memuliakan Tuhan. Lagu-lagunya diambil dari kaset Lagu Rohani.



III. Doa dalam Kitab Suci

Dalam tahap ini lebih banyak memakai akal budi dan pikiran karena di sini kita membaca dan mendengarkan Sabda Tuhan lewat bacaan injil untuk Minggu yang akan datang. Adapun caranya:

a. Dibacakan secara bersama-sama (seluruh kutipannya).
b. Dibacakan ayat perayat secara bergantian.
c. Mencari ayat yang berkesan dan menyentuh hati kita pribadi, kemudian ayat tersebut dijadikan doa dan refleksi pribadi selama 1 minggu, sebagai kekuatan kita setiap hari untuk mempersiapkan hati kita menghadiri Perayaan Ekaristi pada hari Minggu yang akan datang.

IV. Doa dalam Gerak Tubuh

Lewat gerak tubuh, kita dapat memanjatkan doa kepada Tuhan dengan gerakan tubuh yang menunjukan bahwa kita sedang menyembah dan memuji Allah, misalnya membuat Doa Tanda Salib, dilakukan dengan gerakan Tanda Salib, Doa Syahadat (Aku Percaya), Doa Tobat, Kemuliaan, Bapa kami, Salam Maria, dan juga Doa Malaikat Tuhan. Semua gerakan dilakukan dengan diikuti latihan pernafasan secara teratur. Itulah doa dalam gerak Tubuh.
V. Doa dalam Keheningan
(dapat dilakukan secara pribadi)

Doa tahap akhir ini juga disebut doa meditasi. Untuk para pemula biasanya berlangsung selama 10 menit dan dapat bertambah secara bertahap. Inti doa ini adalah menumbuhkan kesadaran pribadi untuk menghadap Allah dalam keheningan dan berdiam diri, (memasuki keheningan dalam penyadaran diri berdoa di hadirat Sang Illahi).

Informasi lebih lanjut:

Romo Martinus Hadiwijaya Pr
Gereja Katolik St. Thomas Rasul
Jl. Pakis Raya Blok G – 5 Bojong Indah,
Jakarta 11740
Telp. 021 – 5810977

R. St. Adi Satriya Nugroho
Jl. Kebantenan V RT 04 / RW 06 no.21
Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara
Telp. 021 – 4402535
e-mail : Adi_satriya@yahoo.com

Aloysius Bambang Wahyudi
Jagalan 331 Muntilan 56411
Jawa Tengah
Telp. 081 893 4270
e-mail : mangbambaz@themail.com





PAGUYUBAN SENAM dan DOA
KATOLIK



Sekar Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Aku harap kita temanan ya